KOMPONEN EKOSISTEM - MATERI IPAS KELAS 5 SD

Ekosistem adalah interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem tersusun atas komponen abiotik dan biotik. 

Komponen-komponen Ekosistem

Komponen abiotik merupakan segala benda tak hidup yang memengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup pada suatu lingkungan. Contohnya tanah, udara, air, cahaya matahari, dan pasir. 

Sedangkan komponen biotik merupakan semua makhluk hidup yang terdapat pada suatu lingkungan. Berdasarkan peranannya di dalam ekosistem, komponen biotik dapat dibedakan menjadi produsen, konsumen, dan pengurai.

Produsen adalah sekelompok makhluk hidup yang mampu memproduksi makanannya sendiri. Hal ini disebabkan oleh keberadaan kloroplas yang memungkinkan mereka melakukan fotosintesis. Proses fotosintesis menghasilkan karbohidrat yang disimpan dalam tubuh tumbuhan. Oleh karena itu, tumbuhan disebut sebagai produsen karena menyediakan sumber makanan bagi makhluk hidup lainnya.

Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak mampu memproduksi makanannya sendiri, seperti halnya hewan. Semua hewan berperan sebagai konsumen karena mereka bergantung pada makhluk hidup lain sebagai sumber pangan. Konsumen terbagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu konsumen tingkat I, konsumen tingkat II, dan konsumen puncak.

Bedasarkan jenis makanannya hewan dikelompokan menjadi tiga yaitu:

  1. Herbivora yaitu hewan yang memakan tumbuhan. Herbivora termasuk konsumen tingkat I. Contoh hewan herbivora yaitu sapi, kambing, kerbau, rusa, kelinci.
  2. Karnivora yaitu hewan yang memakan hewan lain. Karnivora termasuk konsumen tingkat II dan konsumen puncak. Contoh hewan Karnivora yaitu, singa, harimau, macan tutul, jaguar, komodo.
  3. Omnivora yaitu hewan yang memakan tumbuhan dan hewan. Contoh omnivora yaitu manusia, beruang, babi, tikus, rakun, dan banyak jenis burung, seperti ayam dan burung gagak.

Pengurai adalah kelompok organisme seperti jamur, bakteri pembusuk, dan cacing yang bertugas menguraikan sisa-sisa tubuh makhluk hidup yang telah mati. Pengurai memiliki peran penting dalam ekosistem karena zat-zat hasil penguraian tersebut dapat digunakan kembali oleh tumbuhan (produsen).

Infografis jenis komponen biotik


Jenis-jenis Ekosistem

Secara garis besar ekosistem dibedakan menjadi dua jenis yaitu ekosistem darat dan ekosistem air. Ekosistem darat yaitu ekosistem yang lingkungan fisiknya didominasi oleh daratan. Sedangkan ekosistem air yaitu ekosistem yang lingkungan fisiknya didominasi oleh perairan.

Berdasarkan cara terbentuknya ekosistem dibedakan menjadi dua yaitu yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk tanpa campur tangan manusia, seperti hutan dan danau. Sedangkan ekosistem buatan adalah ekosistem yang dibuat oleh manusia seperti sawah dan akuarium.




Pak Guru Badrus
Pak Guru Badrus Seorang lulusan fakultas keguruan dan sekarang aktif mengajar di sekolah dasar.

Posting Komentar untuk "KOMPONEN EKOSISTEM - MATERI IPAS KELAS 5 SD"