LANGKAH-LANGKAH PRAKTIS MENGUBAH CP MENJADI TP: TIPS UNTUK GURU

 

Ibu/Bapak guru tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah CP, TP dan ATP. CP atau capaian pembelajaran adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai Peserta Didik di akhir setiap fase. Lahkah awal sebelum ibu/guru menurunkan CP menjadi TP yaitu ibu/bapak guru terlebih dahulu menganalisis CP.

Setelah selesai menganlisis CP hal yang harus ibu/bapak guru lakukan yaitu menurunkan CP menjadi TP. Dalam menurunkan CP menjadi TP ada hal yang perlu ibu/bapak guru perhatikan yaitu komponen TP, ada dua komponen TP:

Kompetensi, kemampuan peserta didik sebagai hasil dari proses pembelajaran. Pertanyaan panduan yang dapat digunakan pendidik, antara lain: secara konkret, kemampuan apa yang perlu peserta didik tunjukkan? Tahap berpikirapa yang perlu peserta didik tunjukkan?

Lingkup materi, yaitu konten dan konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran. Pertanyaan panduan yang dapat digunakan pendidik, antara lain: hal apa saja yang perlu mereka pelajari dari suatu konsep besar yang dinyatakan dalam CP? Apakah lingkungan sekitar dan kehidupan peserta didik dapat digunakan sebagai konteks untuk mempelajari konten dalam CP? (misalnya, proses pengolahan hasil panen digunakan sebagai konteks untuk belajar tentang persamaan linear di SMA).

Setidaknya ada tiga cara merumuskan TP berdasarkan CP yaitu:

Cara 1. Merumuskan tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan CP.

Langkah-langkah mudah bagi guru dalam menurunkan Capaian Pembelajaran (CP) menjadi Tujuan Pembelajaran (TP).

Cara 2. Merumuskan tujuan pembelajaran dengan menganalisis ‘kompetensi’ dan ‘lingkup Materi’ pada CP.

Cara 3. Merumuskan tujuan pembelajaran Lintas Elemen CP


Pak Guru Badrus
Pak Guru Badrus Seorang lulusan fakultas keguruan dan sekarang aktif mengajar di sekolah dasar.

Posting Komentar untuk "LANGKAH-LANGKAH PRAKTIS MENGUBAH CP MENJADI TP: TIPS UNTUK GURU"