APA ITU COACHING, MENTORING DAN KONSELING

 

Ilustrasi coaching antara guru dan murid

Coaching dalam bahasa inggris berarti alat transport berukuran besar yang berfungsi untuk menghantarkan orang dari satu tempat ke tempat tujuan.

Coaching bentuk kemitraan antara coach dengan kliennya yang dijalankan melalui proses kreatif yang ditandai dengan eksplorasi membangun ide yang semuanya ditujukan untuk memaksimalkan potensi dan profesional diri si klien tersebut.

Coaching adalah sarana pemberdayaan potensi  yang bertujuan untuk menghantarkan kilen dari kondisi yang sedang dialami sekarang ke kondisi baru yang lebih baik. Coaching bukan memberi tahu, bukan memikirkan solusi sebelum mendengarkan,  dan bukan memberikan umpan balik yang bersifat menghakimi ataupun asumsi.

Prinsip-prinsip coaching

  1.  Coach mendengarkan secara aktif
  2. Mengajukan pertanyaan berbobot
  3. Memancing ide-ide
  4. Memfasilitasi pertumbuhan klien

Keterkaitan keterampilan coaching dengan supervisi akademik.

Supervisi akademik merupakan sarana yang dapat membantu coachee untuk mendapatkan umpan balik berdasarkan data sesuai yang dibutuhkan coachee untuk pengembangan dirinya. Melalui supervisi akademik inilah potensi setiap guru dapat dioptimalisasi sesuai dengan kebutuhan yang nantinya dapat membantu para guru dalam proses peningkatan kompetensi dengan menerapkan kegiatan pembelajaran baru yang dimodifikasi dari sebelumnya. Dan salah satu strategi yang dapat dilakukan dalam mencapai tujuan tersebut adalah melalui percakapan coaching dalam keseluruhan rangkaian supervisi akademik. Karena dengan setrategi berpikir coaching seorang pemimpin pembelajaran dan sekolah mampu menghidupkan paradigma berpikir yang memberdayakan bagi setiap warga sekolah dan melihat kekuatan-kekuatan yang ada dalam komunitasnya.

Perbedaan

Mentoring: pada dasarnya mengajari seseorang dari tidak tahu menjadi tahu atau dari tidak bisa menjadi bisa dalam jangka waktu yang lama.

Coaching: sarana pemberdayaan potensi  yang bertujuan untuk menghantarkan klien dari kondisi yang sedang dialami sekarang ke kondisi baru yang lebih baik. Coaching ditujukan untuk memaksimalkan potensi personal dan profesional klien. Dan arah pembicaraanya dari masa kini ke masa depan.

Konseling: biasanya didorong oleh adanya masalah yang bersifat pribadi terkait masalah emosional ataupun psikologis dan arah pembahasannya biasanya dari masa kini ke masa lalu.

Trining: mengajari seseorang dari tidak tahu menjadi tahu atau dari tidak bisa menjadi bisa dalam jangka waktu yang pendek atau singkat dan sifatnya transfer ilmu.

Fasilitasi: menjembatani seseorang ataupun kelompok agar dapat menyelesaikan berbagai persoalan atau pengambilan keputusan agar lebih efektif dan biasanya orang yang menjadi fasilitator bersifat netral.

Pak Guru Badrus
Pak Guru Badrus Seorang lulusan fakultas keguruan dan sekarang aktif mengajar di sekolah dasar.

Posting Komentar untuk "APA ITU COACHING, MENTORING DAN KONSELING"