JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 2.1

 

PEMBELAJARAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR MURID

 

Fact (Fakta)

Saya memulai modul 2.1 pada tanggal 8 Februari 2023 dengan menegerjakan pretest . Pada awal modul 2.1 di bagian mulai dari diri saya membuat refleksi diri kondisi kelas yang saya ajar saat ini, saya diminta menjelaskan tantangan-tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran di kelas serta tindakan-tindakan yang dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut.

Pada tahap eksplorasi konsep, saya memnbuat diagram  mengenai apa yang saya pahami tentang pembelajaran berdiferensiasi. Berikut ini diagram  yang saya buat :

 


 

 Pada ruang kolaborasi saya belajar kelompok menganalisis skenario pembelajaran yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi yang beragam. Dalam hal ini kelompok saya memilih situasi 2 – SD.

Dalam Demonstrasi kontekstual, saya diminta membuat rencana pembelajaran untuk salah satu mata pelajaran, atau sesi pembelajaran dalam konteks pembelajaran daring/luring. Dimana rencana pembelajaran ini dibuat dengan menganalisis kebutuhan belajar murid terlebih dahulu. Dan menggambarkan penerapan salah satu dari diferensiasi konten, proses atau produk sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan belajar murid. Berikut link ini rencana pembelajaran (RPP) berdiferensiasi yang saya buat:

https://drive.google.com/file/d/1OVPyaXdXrTTzaLnHs_x9s9QQG5J3YXva/view?usp=share_link

 

Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid. Atau bisa juga diartikan serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Menurut Tomlinson (1999:14) dalam kelas yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, seorang guru melakukan upaya yang konsisten untuk merespon kebutuhan belajar murid.

Dalam mewujudkan pembelajaran berdiferensiasi, maka guru harus memiliki pertimbangan yang masuk akal, seperti  tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, bagaimana guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar muridnya, lingkungan belajar yang "mengundang' murid untuk belajar, manajemen kelas yang efektif serta penilaian berkelanjutan.

Kebutuhan murid didasarkan pada tiga hal, yakni:

1.       kesiapan belajar, minat dan profil belajar. Kesiapan belajar adalah adalah kapasitas untuk mempelajari materi, konsep, atau keterampilan baru.

2.       Minat adalah suatu keadaan mental yang menghasilkan respons terarah kepada suatu situasi atau objek tertentu yang menyenangkan dan memberikan kepuasan diri.

3.       Profil Belajar mengacu pada cara-cara bagaimana kita sebagai individu paling baik belajar.

Sedangkan strategi diferensiasi ada 3, yakni diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk.

 

Feelings (Perasaan)

Saya merasa senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran pada modul 2.1 ini karena materi pada modul 2.1 tentang pembelajaran berdiferensi merupakan salah satu alasan saya mendaftar dalam program calon guru penggerak. Di modul ini, saya mendapatkan hal yang luar biasa terkait ilmu-ilmu baru yang memacu saya lebih bersemangat dalam mengimplementasikan semua yang saya dapatkan. Forum diskusi selama sesi ruang kolaborasi dan elaborasi membuat saya semakin paham mengenai implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Saya harap dengan mempelajari ini, saya konsisten menjalankan pembelajaran yang berpihak pada murid.

 

Future (Penerapan)

Setelah mempelajari modul ini, saya akan melakukan tes diagnostik baik dengan kuisioner, membaca data yang sudah ada atau wawancara dalam memetakan kebutuhan murid saya di kelas. Saya juga akan merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi. Saya akan sering berkolaborasi dengan rekan sejawat yang sudah berpengalaman dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi.   Selanjutnya saya ingin membagikan praktik baik saya kepada warga sekolah agar keberpihakan pada murid terlaksana di sekolah saya.

Pak Guru Badrus
Pak Guru Badrus Seorang lulusan fakultas keguruan dan sekarang aktif mengajar di sekolah dasar.

Posting Komentar untuk "JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 2.1"