MASA KEDATANGAN BANGSA JEPANG DI INDOENSIA

Masa kedatangan Bangsa Jepang di Indonesia

Masa Penjajahan Militer Jepang

Pada tahun 1939-1945, Perang Dunia II terjadi di kawasan Eropa, Afrika Utara dan Asia Pasifik. Adapun perang Asia Pasifik dimulai pada tanggal 7 Desember 1941, saat Jepang menyerang Pangkalan Militer Amerika di Pearl Harbour, Hawai. Kemenangan Jepang di Pearl Harbour mendorong Jepang melakukan ekspansi ke daerah lain di Asia Tenggara, salah satunya ke wilayah Indonesia

Jepang pertama kali datang ke Indonesia pada 11 Januari 1942 dan menguasai Kalimantan. Jepang kemudian menyusul menguasai pusat-pusat kekuasaan Belanda di Sumatera dan Jawa. Dari Jawa Jepang menguasai seluruh wilayah Indonesia dalam waktu singkat. 

Kemenangan Jepang atas Belanda disambut baik oleh rakyat Indonesia. Hal ini dimanfaatkan Jepang untuk menarik simpati bangsa Indonesia dengan cara sebagai berikut.

  1. Mengizinkan perngibaran bendera Merah Putih.
  2. Mengizinkan rakyat menyanyikan lagu “Indonesia Raya”.
  3. Memperbolehkan penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari.

Tindakan Jepang tersebut dilakukan karena beberapa alasan, yaitu Jepang ingin menguasai kekayaan alam Indonesia serta rakyat Indonesia berpotensi membantu Jepang untuk melawan sekutu. Penjajahan Jepang terhadap bangsa Indonesia ternyata lebih kejam daripada Belanda. Jepang merampas seluruh hasil bumi Indonesia. Akibatnya, rakyat mengalami kelaparan dan banyak rakyat yang meninggal akibat tidak tersedianya obat untuk mengobati penyakit.

Rakyat Indonesia juga diperintahkan melakukan kerja paksa yang disebut romusa. Mereka bekerja tanpa diberi upah untuk melakukan pekerjaan berat, seperti membangun jalan raya, jembatan, benteng dan lapangan udara. Mereka tidak hanya bekerja di Indonesia, tetapi juga dikirim ke luar negeri sebagai tenaga perkebunan.

Info grafis masa penjajahan Jepang di Indonesia

Organisasi pada Masa Penjajahan Jepang

Organisasi bentukan Jepang


Pak Guru Badrus
Pak Guru Badrus Seorang lulusan fakultas keguruan dan sekarang aktif mengajar di sekolah dasar.

Posting Komentar untuk "MASA KEDATANGAN BANGSA JEPANG DI INDOENSIA"