KOSAKATA BARU DAN IDIOM DALAM TEKS INFORMATIF

Teks informatif adalah teks yang berisi informasi berdasarkan fakta atau kenyataan. Teks informatif dapat ditemukan di buku, koran, majalah, dan sumber bacaan lain.

Berikut ini contoh teks informatif.

Pada 1970-an warga Kampung Sanan, Malang membuat tempe untuk dijual di pasar-pasar tradisional. Terkadang, warga mengeluh karena tidak semua tempe laku terjual. Guna mengurangi kerugian, warga melakukan inovasi. Mereka mengolah tempe yang tidak laku menjadi cemilan berupa keripik tempe. Keripik tempe itu dikemas dalam kemasan yang kreatif. Keripik tempe warga Kampung Sanan pun makin lama makin digemari masyarakat luas. Tidak jarang keripik tempe dijadikan buah tangan dari Malang.

Kosakata baru dalam Teks Informasi

Ketika membaca teks informatif, kamu dapat menemukan kosakata baru atau kata-kata yang belum kamu ketahui maknanya. Coba perhatikan kata-kata bergaris bawah pada teks di atas. Kamu dapat menemukan makna kata-kata baru tersebut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dengan mengetahui makna kata, kamu akan lebih memahami teks informatif yang kamu baca.

Inovasi : penemuan baru yang berbeda dai yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.

Kemasan: bungkus pelindung barang dagangan.

Coba kamu cari makna kata berikut dalam KBBI

  1. tradisional
  2. kerugian
  3. laku
  4. jual


Idiom dalam Teks Informatif

Dalam sebuah teks, kamu juga dapat menemukan idiom. Idiom adalah serangkaian kata yang maknanya tidak sama dengan gabungan makna kata-kata penyusunnya. Dalam teks informatif yang telah kamu baca, terdapat rangkaian kata bercetak tebal, yaitu buah tangan. Pada konteks tersebut, buah tangan  berarti oleh-oleh.

Berikut ini contoh idiom yang lain beserta maknanya.
  • tangan kanan : orang kepercayaan
  • membanting tulang : bekerja keras
  • buah bibir: bahan pembicaraan

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal-soal yang diberikan


Gambar Robot Pemadam Kebakaran Dok-Ing MVF-3

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta sedang menjadi buah bibir sebab sekarang memiliki robot canggih. Robot itu disebut Dok-Ing MVF-3. Bentuknya seperti mobil. Fungsinya memudahkan pekerjaan para petugas pemadam kebakaran. Robot ini telah diuji coba di Pusdiklatsar Ciracas, Jakarta pada hari Kamis tanggal 6 Februari 2020.

Robot ini dapat dikendalikan dari jarak 1,5 km dengan menggunakan pengendali jarak jauh. Cara tersebut memudahkan petugas jika ada si jago merah yang sulit dijangkau atau berbahaya. Kebakaran yang terjadi di area pabrik, SPBU, atau  tempat-tempat  berbahan kimia  lainnya  dapat diminimalisasi dengan robot Dok-Ing MVF-3. Dengan robot Dok-Ing MVF-3, api akan lebih mudah dipadamkan dan potensi ledakan yang dihasilkan dari bahan-bahan kimia dapat diminimalisasi.

Robot canggih ini dilengkapi dengan GPS dan kamera. Kamera yang digunakan adalah kamera anti air dan kuat dalam berbagai kondisi. Sang operator dapat memantau keberadaan robot tersebut dengan menggunakan GPS dan melihat kawasan yang sedang dipadamkan melalui kamera. Berkat kecanggihannya robot ini sekarang naik daun.

Robot ini sangat kuat. Dia dapat menampung 2500 liter air dan 500 liter busa. Robot ini juga bisa menyemprotkan air sejauh 55 meter dan dapat menyemprotkan busa sejauh 45 meter. Beban yang dapat ditariknya adalah 6 ton, beban yang dapat didorong mencapai 10 ton. 

  1. Tulislah makna kata-kata yang bergaris bawah dalam teks tersebut.
  2. Carilah tiga idiom dalam teks di atas. Tulislah makna tiap idiom tersebut, serta buatlah satu kalimat baru menggunakan idiom tersebut.
Pak Guru Badrus
Pak Guru Badrus Seorang lulusan fakultas keguruan dan sekarang aktif mengajar di sekolah dasar.

Posting Komentar untuk "KOSAKATA BARU DAN IDIOM DALAM TEKS INFORMATIF"