MISTERI TELINGA: APA YANG TIDAK ANDA KETAHUI TENTANG ORGAN PENDENGARAN ANDA

 Bagian-bagian telinga dan fungsinya

Poster ilustrasi anatomi telinga. Sumber: p2ptm.kemkes.go.id

Telinga Luar

  1. Daun telinga, berfungsi menangkap getaran bunyi/
  2. Lubang telinga, di dalam lubang telinga terdapat rambut halus yang berfungsi menghalangi debu dan air yang masuk ke telinga. Selain itu juga terdapat kelenjar minyak dan kelenjar keringat.

Telinga Tengah

  1. Tukang-tulang pendengaran, berfungsi meneruskan getaran bunyi ke koklea.
  2. Gendang telinga, berfungsi menerima getaran bunyi dari daun telinga dan meneruskannya ke tulang-tulang pendengaran.

Telinga Dalam

  1. Saluran setengah lingkaran, berfungsi membantu dalam mempertahankan keseimbangan tubuh.
  2. Saraf pendengaran, berfungsi meneruskan bunyi ke otak.
  3. Koklea, berfungsi menerima dan meneruskan getaran bunyi ke saraf pendengaran.
  4. Saluran Eustachius, berfungsi menghubungkan ruang telinga tengah dan faring. Faring adalah bagian yang menghubungkan mulut dengan kerongkongan.


Gangguan Pendengaran
Gangguan PendengaranPengertianPenyebabAkibat
Tuli SensorineuralGangguan pendengaran akibat kerusakan pada sel-sel rambut di dalam koklea atau pada saraf pendengaran.Faktor genetik, penuaan, kebisingan berlebihan, infeksi, atau penggunaan obat-obatan tertentu.Kesulitan mendengar suara dengan jelas atau tuli total.
Tuli KonduktifGangguan pendengaran akibat hambatan dalam perjalanan suara dari telinga luar ke telinga dalam.Sumbatan saluran telinga, kerusakan gendang telinga, atau masalah pada tulang-tulang telinga tengah.Penurunan pendengaran yang dapat diatasi dengan perawatan medis.
TinitusGejala mendengar bunyi berdering, berdengung, atau bersiul dalam telinga tanpa adanya sumber suara eksternal.Paparan kebisingan berlebihan, cedera telinga, gangguan sirkulasi darah, atau penyakit tertentu.Mengganggu kualitas hidup dengan ketidaknyamanan atau gangguan tidur.
Otitis MediaInfeksi atau peradangan pada telinga tengah.Biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, sering terjadi pada anak-anak.Gejala meliputi nyeri telinga, demam, dan mungkin gangguan pendengaran sementara.
PresbycusisPenurunan pendengaran terkait penuaan.Kerusakan terhadap sel-sel rambut di dalam koklea dan kerusakan terkait usia.Penurunan pendengaran secara bertahap, khususnya terhadap suara-suara tinggi.
Tuli Kondisi Kedelapan TengahGangguan pada saraf kedelapan (nervus vestibulokoklearis) yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran, vertigo, dan tinitus.Bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk tumor atau kerusakan pada saraf pendengaran.Gangguan pendengaran, masalah keseimbangan, dan tinitus mungkin terjadi.
Cara merawat kesehatan telinga
Cara Merawat Kesehatan TelingaDeskripsi
Jaga Kebersihan TelingaBersihkan telinga secara lembut dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat; hindari benda tajam atau cairan keras.
Hindari Penggunaan Cotton SwabJangan memasukkan cotton swab ke dalam saluran telinga.
Perlindungan dari KebisinganGunakan pelindung telinga di lingkungan berisik; hindari paparan kebisingan berlebihan.
Hindari Paparan Air TelingaKeringkan telinga setelah berenang atau mandi; hindari paparan air telinga yang berkepanjangan.
Lindungi Telinga Saat Berkendara dengan Kuda atau BersepedaGunakan penutup telinga saat beraktivitas yang dapat menyebabkan angin atau debu masuk ke telinga.
Hati-Hati dengan Obat Telinga (Ear Drops)Gunakan obat telinga yang diresepkan oleh dokter dengan benar.
Cek Pendengaran Secara BerkalaLakukan pemeriksaan pendengaran secara berkala, terutama jika memiliki riwayat masalah pendengaran.
Hindari Merokok dan Alkohol BerlebihanHindari atau kurangi konsumsi rokok dan alkohol berlebihan yang dapat merusak pendengaran.
Perhatikan Gejala Masalah TelingaSegera konsultasikan dengan dokter atau ahli THT jika mengalami nyeri telinga, tinitus, atau penurunan pendengaran.
Jaga Gula Darah dan Tekanan DarahPengendalian gula darah dan tekanan darah yang baik dapat membantu mencegah masalah sirkulasi yang memengaruhi telinga.

Sumber: 
p2ptm.kemkes.go.id
Buku ESPS IPAS Kelas 5



Pak Guru Badrus
Pak Guru Badrus Seorang lulusan fakultas keguruan dan sekarang aktif mengajar di sekolah dasar.

Posting Komentar untuk "MISTERI TELINGA: APA YANG TIDAK ANDA KETAHUI TENTANG ORGAN PENDENGARAN ANDA"