KUMPULAN SOAL ASESMEN SUMATIF

Siswa Kelas 5 SDN 2 Kritig Tahun Ajaran 2023/2024


Asesmen Sumatif

Asesmen sumatif, yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Asesmen ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran, sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan pendidikan.

Penilaian atau asesmen sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau CP peserta didik sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan. Penilaian pencapaian hasil belajar peserta didik dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

Adapun asesmen sumatif dapat berfungsi untuk:

  • alat ukur untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik dalam satu atau lebih tujuan pembelajaran di  periode tertentu;
  • mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian yang telah ditetapkan; dan
  • menentukan kelanjutan proses belajar siswa di kelas atau jenjang berikutnya.

Asesmen sumatif dapat dilakukan setelah  pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester  dan pada akhir fase; khusus asesmen pada akhir semester, asesmen ini bersifat pilihan. Jika pendidik merasa masih memerlukan konfirmasi atau informasi tambahan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, maka dapat melakukan asesmen pada akhir semester.  Sebaliknya, jika pendidik merasa bahwa data hasil asesmen yang diperoleh selama 1 semester telah mencukupi, maka tidak perlu melakukan asesmen pada akhir semester.  Hal yang perlu ditekankan, untuk asesmen sumatif, pendidik dapat menggunakan teknik dan instrumen yang beragam, tidak hanya berupa tes, namun dapat menggunakan observasi dan performa (praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, dan membuat portofolio).

Dalam konteks pendidikan di kelas 5 Sekolah Dasar, asesmen sumatif memiliki peran penting dalam mengevaluasi pemahaman siswa terhadap berbagai mata pelajaran. Guru merancang berbagai bentuk asesmen, seperti ujian tertulis, proyek kelompok, atau tugas individu, untuk mengukur kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Hasil asesmen ini memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan individu siswa dalam setiap mata pelajaran.

Selain sebagai alat evaluasi, asesmen sumatif juga digunakan sebagai dasar untuk memberikan laporan perkembangan kepada orang tua siswa. Informasi ini sangat berharga bagi orang tua untuk memahami kemajuan pendidikan anak mereka dan memberikan dukungan yang tepat.

Jadi, asesmen sumatif merupakan bagian yang integral dalam proses pembelajaran di kelas 5 Sekolah Dasar yang membantu memastikan pencapaian tujuan pembelajaran, dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kemampuan siswa dalam berbagai mata pelajaran.

Berikut ini kumpulan soal asesmen sumatif kelas 5 semester 1:

Pendidikan Pancasila

TP Murid mampu menjelaskan penerapan nilai-nilai Pancasila

TP Peserta didik mampu menganalisis bentuk sederhana norma, aturan, kewajiban dan hak

TP Siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya

TP membangun kebersamaan, persatuan, dan berkontribusi menciptakan kenyamanan di sekolah dan lingkungan

Matematika

TP Perkalian dan pembagian pecahan desimal

TP Peserta didik mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB

TP Siswa mampu mengukur besar sudut

Asesmen sumatif materi pengolahan data

Bahasa Indonesia

TP Peserta didik mampu menganalisis informasi berupa fakta dengan mengidentifikasi ciri objek dari teks informasi dan fiksi

TP Cerita Fiksi, Ide Pokok, Informasi dari teks, Kiasan, Kalimat langsung dan tidak langsung

TP menganalisis informasi berupa, prosedur, dan nilai yang terkandung dalam teks

BAB 5

BAB 6

 BAB 7

IPAS

TP Peserta didik mampu menyelidiki hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan abiotik dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem

TP Peserta didik mampu mengusulkan upaya- upaya mengusulkan upaya- upaya menghemat penggunaan energi dan serta penemuan sumber energi alternatif yang dapat digunakan

TP mengidentifikasi dan menunjukkan kekayaan alam yang ada di sekitarnya dan merefleksikannya

TP Peserta didik mampu menceritakan perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan imperialisme

Jenis Usaha dalam Kegiatan Ekonomi

Peran Ekonomi

Bunyi dan Cahaya

Bunyi dan Cahaya 2

Seni Musik

TP Murid mampu mengidentifikasi alat-alat musik yang menghasilkan bunyi

TP Tentang Tangga Nada

Seni Rupa

TP Siswa mengenal unsur, prinsip seni rupa, dan prinsip ritme pada obyek di sekitar kita


Latihan Soal

IPAS

Bunyi dan Cahaya

Pak Guru Badrus
Pak Guru Badrus Seorang lulusan fakultas keguruan dan sekarang aktif mengajar di sekolah dasar.

1 komentar untuk "KUMPULAN SOAL ASESMEN SUMATIF"

  1. Hebat, luar biasa pak guru Badrus, postingan sangat bermanfaat dan membantu.
    Boleh minta nomor wa?

    BalasHapus