PENGERTIAN, JENIS DAN TES BUTA WARNA

Pengertian Buta Warna:

Buta warna adalah kondisi di mana seseorang memiliki kesulitan atau tidak mampu melihat warna dengan akurasi atau ketajaman yang seharusnya. Ini terjadi karena gangguan pada pigmen atau sel-sel yang terdapat dalam mata, yang bertanggung jawab untuk merespons cahaya dan mengirimkan sinyal warna ke otak. Gangguan ini bisa bersifat turunan (genetik) atau didapat akibat cedera atau penyakit.

Jenis-jenis Buta Warna:

Buta Warna Merah-Hijau: Ini adalah jenis buta warna yang paling umum. Penderita memiliki kesulitan membedakan antara warna merah dan hijau. Terdapat beberapa subjenis buta warna merah-hijau, seperti:

  • Protanopia: Ketidakmampuan untuk melihat warna merah. Penderita hanya dapat melihat warna hijau dan biru.
  • Deuteranopia: Ketidakmampuan untuk melihat warna hijau. Penderita hanya dapat melihat warna merah dan biru.
  • Tritanopia: Kondisi ini lebih jarang dan memengaruhi kemampuan untuk melihat warna biru. Penderita dapat melihat warna merah dan hijau.

Buta Warna Biru-Kuning: Jenis buta warna ini lebih jarang dibandingkan dengan buta warna merah-hijau. Penderita kesulitan membedakan antara warna biru dan kuning.

Buta Warna Total (Akhromatopsia): Ini adalah kondisi ekstrim dimana seseorang tidak bisa melihat warna sama sekali. Semua dunia terlihat dalam skala abu-abu atau hitam-putih.

Penjelasan Singkat:

Protanopia: Pada kondisi ini, penderita kehilangan sensitivitas terhadap warna merah. Ini membuat merah tampak lebih gelap dan kurang jelas dibandingkan dengan orang yang memiliki penglihatan normal.

Deuteranopia: Penderita tidak dapat membedakan antara warna hijau dan merah dengan jelas. Warna hijau cenderung tampak abu-abu atau kebiruan.

Tritanopia: Kondisi ini melibatkan kesulitan membedakan antara warna biru dan kuning. Penderita mungkin juga mengalami masalah dalam membedakan beberapa nuansa hijau.

Buta Warna Biru-Kuning: Penderita kesulitan membedakan antara warna biru dan kuning. Ini bisa mempengaruhi kemampuan untuk mengenali rona kulit, membaca, atau mengenali sinyal lalu lintas.

Akhromatopsia: Orang dengan akhromatopsia tidak memiliki pigmen warna di mata mereka, sehingga mereka hanya bisa melihat dunia dalam skala abu-abu.


Tes Buta Warna















Pak Guru Badrus
Pak Guru Badrus Seorang lulusan fakultas keguruan dan sekarang aktif mengajar di sekolah dasar.

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN, JENIS DAN TES BUTA WARNA"