1.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Visi Murid Impian

Eksplorasi Konsep Modul 1.3

 1.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Visi Murid Impian

Berbagi Visi Murid Impian

VISI murid impian saya adalah

Mewujudkan peserta didik yang  berbudaya, berjiwa pemimpin dan berdaya saing, serta berasaskan profil pelajar pancasila.

Mengapa harapan saya penting untuk dijadikan visi?

Karena diera modern seperti sekarang ini kita harus mampu menyiapkan generasi bangsa yang mampu bersaing terutama dalam penggunaan teknologi dalam rangka mencapai pemenuhuan kebutuhan hidup. Hampir semua sendi kehidupan di era modern seperti sekarang ini, memanfaatkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mulai dari komunikasi, trasnportasi, perdagangan, transaksi jual beli, pengolahan data, pertanian, dan lain sebagainya. Kita harus sadar bahwa teknologi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Memiliki daya saing belum cukup untuk dapat mencapai kebahagiaan hidup, karena untuk dapat mencapai kebahagiaan hidup harus mampu berdiri di kaki sendiri. Dan untuk berdiri di kaki sendiri seorang anak haruslah berjiwa pemimpin. Artinya setiap anak harus mampu menata, merancang, dan memberi keputusan terhadap segala hal terkait dengan hidupnya, demi menyongsong masa depan yang lebih baik. Karena setiapa anak akan memikul tanggung jawab bagi kelangsungan hidupnya masing-masing.

Berjiwa pemimppin dan memiliki daya saing tidak menjamin seorang anak memiliki sikap bijaksana. Oleh karena itu nilai-nilai luhur budaya yang ada pada masyarakat seperti tanggungjawab, pekerja keras, jujur, disiplin harus tetap kita tanamkan pada diri setiap anak. Selain itu pendidikan adalah tempat untuk menyemai beih-benih kebudayaan agar tetap lestari.

Pancasila adalah pandangan hidup bangsa Indonesia. Artinya semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan Pancasila. Maka dari itu sabagai seorang pendidik dan warga negara indonesia yang baik sudah seharusnya kita menanamkan nilai-nilai Pancasila pada diri anak melalui profil Pelajar Pancasila.

1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

Hal yang mencerahkan saya sebagai pendidik di sepanjang proses menyusun visi pribadi saya yaitu saya tersadar bahwa saya sebagai seorang pendidik harus memiliki tujan yang jelas mengenai pembelajaran yang saya lakukan. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran, saya dapat merancang setrategi pembelajaran yang tepat agar tujuan yang saya miliki dapat tercapai.

Saya membayangkan penerapan inkuiri apresiatif dalam konteks saya sehari-hari sebagai pendidik, yaitu: pertama menentukan arah penelusuran dengan menyusun berbagai pertanyaan untuk kemudian diambil satu pertanyaan untuk dijadikan pertanyaan utama, kedua mengambil pelajaran dari hal positif yang ada pada pertanyaan utama, ketiga menggali mimpi keadaan ideal yang ingin dicapai, keempat mengidentifikasi tindakan apa saja yang diperlukan untuk mencapai mimpi tersebut, dan yang terakhir eksekusi rencana yang telah dibuat agar bisa menjadi kenyataan.

Pak Guru Badrus
Pak Guru Badrus Seorang lulusan fakultas keguruan dan sekarang aktif mengajar di sekolah dasar.

Posting Komentar untuk " 1.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Visi Murid Impian"